Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari, Apa Saja?

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 22 September 2024 | 16:35 WIB
Ilustrasi makanan sehat. (Foto/freepik)
Ilustrasi makanan sehat. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Untuk memenuhi asupan nutrisi di dalam tubuh diperlukan konsumsi makanan yang sehat. Beragama makanan sehat sejatinya gampang ditemukan dan harganya pun relatif terjangkau.

Lalu, apa saja sih makanan yang sehat dan dikonsumsi setiap hari?

Sayuran

Sayur-sayuran termasuk dalam jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap hari, Apalagi, sayuran mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat dan kalium hingga serat yang baik untuk kesehatan.

Sayuran juga mengandung kaya akan antioksidan dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi berbagai risiko penyakit.

Daging dan telur

Daging adalah salah satu makanan sehat akan kaya nutrisi. Selain daging, ada telur yang termasuk dalam makanan sehat. Karena telur juga mengandung nutrisi lengkap dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh hingga antioksidan.

Buah-buahan

Buah-buahan juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seperti serat, mineral, vitamin, dan antioksidan. Beberapa jenis buah yang populer karena kaya akan nutrisi.

Ikan dan makanan laut

Ikan dan makanan laut lainnya, seperti kerang dan udang, juga merupakan pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium.

Beberapa jenis ikan dan makanan laut yang baik untuk dikonsumsi seperti ikan salmon, sarden, tuna, kerang dan udang.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat yang sarat akan nutrisi berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya adalah kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen.

Kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium dan vitamin E.

Susu

Susu banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani, dan lemak baik. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. 

Guna memperoleh nutrisi yang terdapat pada susu, kalian dapat mengkonsumsinya secara langsung atau mengonsumsi produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: