Israel Tuding Hizbullah Luncurkan Ratusan Proyektil ke Wilayahnya

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 04 Oktober 2024 | 11:37 WIB
Ilustrasi ratusan proyektil. (Foto/freepik).
Ilustrasi ratusan proyektil. (Foto/freepik).

BeritaNasional.com - Israel menuduh Hizbullah meluncurkan sekitar 230 proyektil dari Lebanon ke wilayah Israel pada hari Kamis (3/10/2024) waktu setempat. Hal ini menyusul serangan terhadap pemukiman hingga pangkalan militer Israel.

Dilansir CNN, Jumat (4/10/2024) Hizbullah mengklaim telah melancarkan 32 serangan bervariasi sepanjang hari, termasuk serangan roket terhadap pemukiman dan pangkalan militer Israel serta serangan terhadap tentara Israel yang melakukan operasi darat di Lebanon selatan.

Hizbullah bukan satu-satunya kelompok yang didukung Iran yang mengklaim telah menyerang Israel pada hari Kamis. Dalam insiden terpisah, Perlawanan Islam di Irak, sebuah kelompok induk dari beberapa milisi yang didukung Iran, mengaku bertanggung jawab atas serangan pesawat nirawak di Israel selatan.

Militer Israel mengatakan pihaknya mencegat sebuah pesawat tak berawak di atas Israel selatan dan tidak ada seorang pun yang terluka.

Di sisi lain, Israel terus melancarkan serangan udara dan darat besar-besaran di Lebanon. Setidaknya 37 orang tewas dan 151 orang terluka akibat serangan Israel di Lebanon pada hari Kamis, kata kementerian kesehatan Lebanon. 

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah berjanji untuk terus menyerang target-target Hizbullah di Beirut, lembah Bekaa, dan Lebanon selatan.

"Sejak sore waktu setempat, sekitar 100 proyektil telah diluncurkan dari Lebanon ke Israel, kata militer Israel," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: