Anak-anak Kerap Hadir di Lokasi Kampanye, Ridwan Kamil: Susah Kalau Lagi Blusukan

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 09 Oktober 2024 | 08:16 WIB
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan Calon Wakil Gubernur Jakarta Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan Calon Wakil Gubernur Jakarta Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK) menyinggung soal adanya kehadiran anak-anak saat dia berkampanye. RK mengatakan, hal tersebut sulit dihindari jika dia sedang melakukan blusukan.

Untuk diketahui, Pasal 280 ayat (2) huruf k Undang-Undang Pemilu menegaskan bahwa pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye Pemilihan Umum dilarang mengikutsertakan Warga Negara Indonesia yang tidak memiliki hak memilih.

"Susah juga kalau saya blusukan kan si ibunya lagi ngurus anak, ngurus sekolah, lagi nyisirin. Kelewat kalau nggak disapa disangka pemimpin sombong. Jadi serba salah," kata RK kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa (8/10/2024).

Namun, RK memastikan bahwa timnya tak akan mengizinkan anak-anak dibawa saat kampanye akbar. Dia pun akan memilah pendukungnya yang membawa anak saat kampanye akbar.

"Yang penting itu tidak membawa ke rapat akbar atau kampanye akbar. Si ibunya bawa (anak), nah itu bisa dipilah oleh yang namanya tim kan," ujar RK.

Eks Gubernur Jawa Barat itu pun mengaku sulit untuk menghindari anak-anak saat melakukan blusukan. Sebab, dia menyapa warga di saat mereka tengah beraktivitas.

"Tapi kalau blusukan kan nggak bisa (dipilah) karena kita kan menemui warga di jam istirahatnya yang kadang-kadang lagi ngurus anak," ucap RK.

"Jadi tolong dibedakan dengan yang disebut kampanye ada anak itu kalau rapat akbar, kalau pandangan kami. Tapi kalau blusukan kan susah realitanya seperti itu," lanjutnya menandasi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: