HUT TNI ke-79, Dr Agus Winarna: Pendidikan Bagian Pertahanan Negara

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 10 Oktober 2024 | 19:57 WIB
Dosen tetap Universitas Pertahanan Negara (Unhan RI) Agus Winarna saat berkunjung ke redaksi BeritaNasional. (BeritaNasional/Elvis).
Dosen tetap Universitas Pertahanan Negara (Unhan RI) Agus Winarna saat berkunjung ke redaksi BeritaNasional. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Dosen tetap Universitas Pertahanan Negara (Unhan RI) Mayjend TNI Dr. Agus Winarna mengatakan pendidikan merupakan bagian penting dari pertahanan negara. 

Agus menuturkan bahwa dengan memainkan peran strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan mampu menjaga keberlangsungan pembangunan nasional.

"Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, melalui pendidikan di segala bidang akan membantu menciptakan warga negara yang cerdas, kreatif, dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat. Selain itu mampu bersaing di tingkat global dan berkontribusi dalam pembangunan negara," kata Agus kepada Beritanasional.com, Kamis (10/9/2024).

Jenderal bintang dua TNI Angkatan Darat mengungkapkan penanaman nilai-nilai dan karakter kebangsaan melalui pendidikan lebih mengena. Nilai-nilai itu seperti patriotisme, nasionalisme, cinta tanah air serta  sadar berbangsa dan bernegara.

"Pemahaman tentang pentingnya menjaga keutuhan bangsa dan negara dapat ditanamkan pada generasi muda sejak dini,” ucapnya.

Oleh karena itu, pria kelahiran 26 Oktober tersebut mengajak agar generasi muda untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas pendidikannya. Sebab, ukuran kemajuan sebuah negara dapat dilihat dari hasil pendidikan.

"Menurut buku paradoks dan solusinya, kualitas SDM Indonesia 40 persen angkatan kerja lulusan SD kualitas pendidikannya. Sesuai data PISA (Programe for International Student Assessment:2019)," katanya.

Dosen lulusan Doktor Unhan ini juga berujar, pendidikan bagi generasi muda sangatlah penting. Apalagi, kata dia, sebagaimana dalam buku kepemimpinan militer catatan pengalaman Jenderal TNI Purn Prabowo Subianto juga menyebutkan bahwa dalam Pendidikan TNI pun masalah kualitas pendidikan sangat penting.

“Melalui Filosofi pendidikan apa yang disebut dengan memiliki kemampuan Tri Sakti Wiratama yang meliputi: Fisik yang kuat, akademik atau intelektual yang kuat dan juga akhlak yang kuat merupakan tiga pilar pendidikan di TNI,” urai dia.

“Dan bagaimana Nilai-nilai Tri Sakti Wira Utama itu harus diajarkan kepada generasi muda, masyarakat dalam membangun pertahanan negara," imbuh Agus.                                                                     

Tidak berlebihan bila gagasan untuk memajukan kualitas warga negara melalui pendidikan, oleh Menhan Prabowo  diimplementasikan dengan membuka program S1 Diploma di Universitas Pertahanan RI.

Di Unhan RI Pemuda dan pemudi hebat yang memenuhi kriteria pemimpin dan calon penerus pimpinan bangsa diberikan beasiswa dididik di sana.

 

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: