Waketum Golkar soal Jokowi Gabung: Masih Kader PDIP, Harus Kita Hormati

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 18 Maret 2024 | 18:23 WIB
Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia. (Indonesiaglobe/Ahda Bayhaqi)
Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia. (Indonesiaglobe/Ahda Bayhaqi)

Indonesiaglobe.id - Partai Golkar terbuka bagi Presiden Joko Widodo apabila ingin bergabung menjadi kader partai berlambang pohon beringin. Namun, Golkar juga masih menghormati status Jokowi sebagai kader PDI Perjuangan.

"Sama-sama kita tahu Pak Jokowi sampai sekarang belum pernah menyatakan keluar dari PDI Perjuangan yang memang selama ini kita tahu beliau kader PDI Perjuangan," kata Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Sampai detik ini, PDI Perjuangan belum angkat bicara soal status kepartaian Jokowi. Maka itu, Golkar hanya bisa bersikap menunggu keputusan kepala negara itu.

"Dan, PDI Perjuangan belum pernah menyatakan juga, mengatakan Pak Jokowi bukan kader PDI Perjuangan, itu juga harus kita hormati, jadi kembali pada putusan Pak Jokowi," kata Doli.

Pada dasarnya, Golkar terbuka apabila Jokowi ingin bergabung menjadi kader. Namun, semua kembali kepada keputusan Jokowi.

"Apalagi kalau soal Pak Jokowi, kita sudah berkali-kali menyampaikan sampai saat ini sebetulnya siapa saja yang ingin bergabung dengan partai golkar kami dengan senang menyambutnya dengan tangan terbuka, jangankan seorang presiden, seorang warga biasa saja kami menerimanya dengan senang sekali, apalagi seorang presiden," katanya.

Sebelumnya, Partai Golkar akan menyiapkan jabatan khusus untuk Presiden Joko Widodo. Karena itu, Jokowi tidak ikut memperebutkan kursi ketua umum Partai Golkar.

Menurut politikus Golkar Melkiades Laka Lena, pada senior di Partai Golkar tengah membahas posisi apa yang akan diberikan kepada Jokowi.

"Mungkin Pak Jokowi apa nanti di posisi apapun di Golkar itu kayaknya dibahas sama senior-senior, sudah lagi diakomodasi," katanya ketika dihubungi, Senin (18/3/2024).

Melki mengatakan, Jokowi ingin bergabung dengan Partai Golkar sudah menjadi rahasia umum. Hubungan Jokowi dan partai berlambang pohon beringin ini juga sangat baik sejak lama.

"Kalau keinginan (Jokowi) ke Golkar itu sudah jadi rahasia umum," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: