Sidang MK

Menko Airlangga Sebut El Nino Jadi Alasan Pemberian Bansos Tambahan Jelang Pemilu

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 05 April 2024 | 09:57 WIB
Menko Airlangga saat berbicara di sidang MK. (Foto/Tangkapan layar YouTube MK).
Menko Airlangga saat berbicara di sidang MK. (Foto/Tangkapan layar YouTube MK).

BeritaNasional.com - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan alasan pemerintah mengeluarkan bansos di tengah Pemilu 2024. Airlangga mengungkap, alasannya karena dampak El Nino sejak bulan Desember. 

Bukan hanya Indonesia saja yang terdampak, di beberapa negara tetangga juga terjadi. Akibat El Nino itu, produksi pangan termasuk beras mengalami gangguan.

"Sejak bulan Desember 2023 berbagai negara termasuk Indonesia mengalami dampak terjadinya El Nino di mana beberapa tempat produksi pangan, terutama beras mengalami gangguan," ungkap Airlangga dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024).

Karena El Nino, dampaknya membuat pasokan pangan seperti beras mengalami gangguan. Airlangga mengatakan, masyarakat miskin sangat terdampak akibat perubahan cuaca ini.

"Baik yang tidak bisa melakukan penanaman dan memundurkan jadwal dan hal ini membuat pasokan pangan seperti beras mengalami gangguan. Yang tentunya sangat mengganggu kepada dan berdampak signifikan terhadap masyarakat miskin," ungkap Airlangga.

Selain itu, Airlangga mengungkap anggaran perlindungan sosial tahun 2024 utamanya disumbang kenaikan subsidi energi dan pergerakan nilai tukar rupiah. Terjadi kenaikan anggaran perlindungan sosial karena kenaikan harga BBM dunia.

"Kenaikan harga dan nilai tukar ini berimplikasi pada kenaikan subsidi energi tahun 2024 bila dibandingkan dengan 2023," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: