Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Stok Kiper Timnas Indonesia Bertambah Lagi

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 30 April 2024 | 16:41 WIB
Maarten Paes resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). (Foto/Kanwil Kemenkumham)
Maarten Paes resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). (Foto/Kanwil Kemenkumham)

BeritaNasional.com - Maarten Paes resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Sebagaimana dilihat dari situs resmi Kemenkumham DKI Jakarta, pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah, R. Andika Dwi Prasetya. 

Dalam foto yang diberikan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, terlihat Maarten Paes mengenakan peci hitam, dasi merah dan jas berwarna hitam. Kemudian Maarten Paes melakukan tanda tangan setelah melakukan ucapan sumpah.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Andika Dwi Prasetya memberikan pesan kepada WNI yang baru diambil sumpah untuk yang berlaku di Indonesia. 

"Saya berharap saudara memberikan yang terbaik kepada Bangsa dan Negara,” ujar Kakanwil Andika sebagaimana dilihat dari laman resminya, Selasa (30/4/2024).

Maarten Paes memiliki daerah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur. Ia adalah kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, pada Mei 1998. Ia saat ini bermain di Liga Amerika Serikat (MLS) bersama FC Dallas.

Maarten Paes adalah salah satu pemain yang direkomendasikan oleh Shin Tae-yong agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Bahkan dia  menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada awal Maret 2024.

Hanya saja, proses Maarten Paes masih terbentur masalah regulasi FIFA terkait kepindahan federasi. PSSI kemudian dikabarkan mengajukan banding mengenai status Paes yang diketahui pernah memperkuat timnas Belanda U-21 ke Pengadilan Arbitrase Olahraga pada Maret lalu.

Dengan sudah resmi menjadi WNI, Maarten Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia saat akan melawan Irak pada tanggal 6 Juni dan Filipina di tanggal 11 Juni 2024, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: