Dewas KPK Ungkap Hubungan Ghufron dengan ASN Kementan yang Dibantu Mutasi

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 15 Mei 2024 | 13:00 WIB
Suasana KPK (Beritanasional/Panji)
Suasana KPK (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap hubungan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dengan ASN Kementan yang membuatnya terjerat dalam perkara etik.

Menurut Anggota Dewas KPK Harjono, Ghufron tak mengenal ASN yang membuatnya dianggap menyalahgunakan wewenang karena membantu mutasi.

"Yang dimutasi nggak kenal. Itu baik keterangan dari yang dimutasi maupun keterangan dari Pak Gufron sendiri sebenarnya enggak kenal,” ujar Harjono di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK dikutip Rabu (15/5/2024).

Harjono lantas membongkar hubungan ASN dengan Ghufron. Menurutnya, mertua ASN tersebut merupakan kawan dari wakil pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

“Kedekatannya sebenarnya enggak kenal sama dia. Yang dikenal itu adalah mertua yang dimutasi. Itu temen-nya," tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya baru memeriksa keterangan saksi-saksi dalam agenda sidang etik untuk Ghufron. Dewas juga menghadirkan ASN Kementan yang dibantu mutasi oleh Ghufron via Zoom.

"Ada, cuma lewat Zoom, ibunya juga lewat Zoom. Diceritakan semua prosesnya," kata dia.

Selain itu, Dewas KPK juga memeriksa mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono serta Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kementan Fuadi perihal mutasi ASN yang dibantu Ghufron.

"Pak Kasdi itu ditanya kenapa sampai terjadi kasus pemindahan itu, apa yang dia lakukan. Kemudian yang dari Kementerian Pertanian Pak Fuadi itu juga kita dengar,” ucapnya.

“Hanya Pak Fuadi memberikan keterangan kenapa dia memberikan nomornya, Irjennya dari Kementerian Pertanian. Kemudian berikutnya yang dimutasi itu sendiri," imbuhnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: