Pengamat Duga Peluang Kaesang Menang di Jateng Lebih Besar

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 16 Juni 2024 | 12:44 WIB
Kaesang Ketua PSI bersama Jokowi (Foto/Inst PSI)
Kaesang Ketua PSI bersama Jokowi (Foto/Inst PSI)

BeritaNasional.com - Pengamat politik UIN Jakarta Zaki Mubarak menduga peluang menang Ketum PSI Kaesang Pangarep kecil di Pilkada Jakarta 2024.

Ia juga menilai elektbilitas Kaesang di Jakarta kurang baik lantaran kota yang semula dijabat eks Capres Anies Baswedan tersebut menjadi basis PKS.

“Mengingat bahwa DKI merupakan basis politik pemilih PKS dan PDIP, tampaknya elektabilitas Kaesang tidak cukup kuat,” ujar Zaki kepada Beritanasional.com, Minggu (16/6/2024).

Menurutnya, anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut punya peluang menang lebih besar di Jawa Tengah dibandingkan Jakarta.

Ia juga menduga Kaesang bakal mendapat dukungan kuat dari para pendukung Jokowi di Jawa Tengah.

“Pendukung Jokowi di DKI juga tidak signifikan. Beda halnya jika dia maju di pilgub Jawa Tengah yang menjadi basis kuat pendukung Jokowi,” tuturnya.

Sebelumnya, Kaesang mengaku siap dipasangkan dengan Anies Baswedan ataupun Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

"Kalau saya ditanya siap atau enggak ya harus siap," kata Kaesang kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

Kaesang mengatakan, ia tak masalah jika harus berduet dengan kedua orang itu. Bahkan, ia mengaku tak perlu meminta izin dari sang ayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Siap juga. Saya balik lagi namanya politik, kita ya nggak masalah kok dengan siapapun," ujar Kaesang.

"Ya memang saya perlu izin? Saya Ketua Umum, saya ada kursi di sini, beda dong," tambahnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: