AS Umumkan Bantuan Militer Rp 37,6 Triliun untuk Ukraina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 04 Juli 2024 | 08:00 WIB
Perang Ukraina-Rusia (Foto/Atlantic Council)
Perang Ukraina-Rusia (Foto/Atlantic Council)

BeritaNasional.com - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengumumkan, AS akan memberikan paket bantuan baru untuk Ukraina senilai lebih dari 2,3 miliar dolar (Rp 37,6 triliun).

Pada pertemuan dengan Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov di Departemen Pertahanan AS, Pentagon, Austin mengatakan paket tersebut akan mencakup lebih banyak fasilitas pertahanan udara, senjata anti-tank dan amunisi penting lainnya dari persediaan AS.

"Hal ini juga akan memungkinkan Amerika Serikat untuk mendapatkan lebih banyak pencegat pertahanan udara Patriot dan NASAMS, yang akan diberikan dalam jangka waktu yang dipercepat dengan mengatur ulang pengiriman untuk beberapa penjualan militer asing," tambahnya.

Austin menekankan, AS tidak akan pernah goyahdalam dukungannya ke Ukraina.

Austin mengatakan, bersama 50 sekutu dan mitranya, AS akan terus memberikan kebutuhan Ukraina untuk melawan agresi militer Rusia saat ini dan untuk menghalangi agresi Rusia di masa depan.

Austin dan Umerov membahas kerja sama pertahanan bilateral, masalah keamanan regional, dan cara-cara untuk memperkuat kemitraan pertahanan AS-Ukraina dalam pertemuan tersebut, yang diadakan menjelang KTT NATO minggu depan di Washington, DC.

Dikutip dari Antara, Ukraina berharap kemajuan dalam upayanya menjadi anggota NATO pada pertemuan puncak yang dijadwalkan pada 9-11 Juli.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: