Kabar Baik, Warga Jakarta Dapat Pasokan Air Bersih Tambahan dari Jatiluhur

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 30 Agustus 2024 | 21:00 WIB
Warga Jakarta mengambil air di Sungai Ciliwung. PAM Jaya berupaya menambah pasokan air bersih di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Warga Jakarta mengambil air di Sungai Ciliwung. PAM Jaya berupaya menambah pasokan air bersih di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Warga Jakarta bakal mendapatkan pasokan air tambahan dari Jatiluhur sebanyak 208 liter per detik mulai 20 Oktober 2024.

Tambahan pasokan air ini merupakan bagian dari upaya Perumda PAM Jaya mencapai target 100 persen pelayanan air bersih bagi masyarakat Jakarta.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin menjelaskan pihaknya memperluas layanan dengan tambahan 29.326 sambungan rumah periode 2023 sampai Juli 2024. Pihaknya menargetkan 69.000 sambungan rumah hingga akhir tahun ini.

“Meskipun kondisi air tetap sama setelah PAM Jaya mengambil alih operasional dari dua mitra swasta, kami memaksimalkan proses produksi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA), sehingga berhasil mencapai jumlah sambungan baru tersebut,” ucapnya yang dikutip dari Berita Jakarta pada Jumat (30/8/2024).

Arief mengatakan pembangunan reservoir komunal tujuh unit dengan total kapasitas 2,3 juta liter telah dirampungkan oleh PAM Jaya dalam pemerataan distribusi air.

“Jumlah ini akan bertambah menjadi 13 reservoir komunal hingga akhir tahun,” tuturnya.

Arief mengungkapkan PAM Jaya berupaya melayani hingga 100 persen pada 2030. Menurut dia, tantangan yang dihadapi tidak mudah karena kondisi Jakarta sangat padat sehingga pembangunan fasilitas air sering mengganggu kenyamanan masyarakat. 

“Kami telah mendapat bantuan dari pemerintah pusat untuk sumber-sumber air yang masuk ke Jakarta. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, karena secara teknis perkotaan ini tidak mudah,” tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: