Diisukan Kembali Jadi Menteri, AHY Mengaku Sudah Berkomunikasi dengan Prabowo

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 09 September 2024 | 21:30 WIB
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat memberikan pidato di Kantor DPP Demokrat. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat memberikan pidato di Kantor DPP Demokrat. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menanggapi isu tentang dirinya yang bakal masuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal tersebut diungkapkan AHY setelah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-23 Partai Demokrat di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, pada Senin (9/9/2024). AHY menyebutkan dirinya sudah berkomunikasi dengan Prabowo Subianto.

"Sudah. Komunikasi kami berjalan dengan baik, reguler, walaupun tidak setiap saat. Yang jelas, dalam berbagai kesempatan, kami berdialog," ungkapnya.

Namun, AHY tidak ingin berbicara lebih jauh soal posisinya di kabinet Prabowo-Gibran. Menurut dia, penyusunan kabinet itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Saya benar-benar menghormati. Partai Demokrat menghormati hak prerogatif Presiden Terpilih Bapak Prabowo Subianto. Sampai saat ini, saya tahu beliau masih sangat serius menyusun langkah-langkah strategis ke depan, termasuk penyusunan kabinet," tuturnya.

AHY menegaskan partainya terus mendukung apa pun langkah yang diambil Prabowo saat menjabat presiden periode 2024-2029.

“Pembantu beliau tentunya diharapkan bisa benar-benar memberikan dukungan penuh, memberikan nilai tambah, Demokrat ingin menjadi bagian dari itu semua," kata AHY.

Karena itu, AHY mengaku siap ditempatkan dan ditugaskan di mana pun oleh Prabowo setelah pelantikan pasangan calon terpilih pada Pilpres 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober.

"Saya tidak mau berandai-andai. Kami tunggu saja," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Partai Demokrat, kata AHY, berkomitmen mengawal transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke pemerintahan yang akan dipimpin Prabowo.

"Insyaallah 5 tahun ke depan, peran kita makin dinantikan oleh masyarakat, dan kita bisa makin berbuat untuk rakyat," kata AHY.

Diketahui, isu tersebut mengemuka setelah Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengungkap ada empat alumnus SMA Taruna Nusantara yang bakal masuk daftar kabinet Prabowo saat menghadiri acara di Jakarta pekan lalu (7/9/2024). Nah, AHY termasuk lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara Angkatan Ke-5.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: