Ridwan Kamil Bakal Bikin UMKM Naik Kelas, Begini Caranya

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 13 Oktober 2024 | 14:43 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil (RK), berjanji akan melakukan digitalisasi bagi para pelaku UMKM.

Hal ini diungkapkan usai blusukan di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur, pada Minggu (13/10/2024).

RK memulai kegiatan dengan berjalan sambil menyapa warga. Di sela-sela perjalanannya, ia melihat sebuah warung nasi uduk yang sangat ramai.

"Kemudian saya datang ke UMKM terkenal, namanya 'Nasi Uduk Ibu Kis'. Nah, nasi uduk ini harus naik kelas. Caranya? Tidak hanya ekonominya sukses di wilayah, tetapi juga sukses di digital," kata RK kepada wartawan.

RK menjelaskan bahwa digitalisasi ini berupa promosi secara daring agar warung makan UMKM ini bisa bersaing dengan restoran-restoran besar lainnya.

"Maka golongan-golongan warung kecil seperti Ibu Kis atau rumah tangga lainnya akan dipromosikan secara digital, sehingga jika gubernur ingin, kangen masakan itu, tinggal pesan," jelas RK.

"Jadi tidak harus menggunakan aplikasi pesan makanan untuk restoran-restoran formal yang besar. Mereka yang kecil, seperti Ibu Kis atau rumah tangga seperti beliau, nanti akan dipromosikan, diedukasi, dan masakannya akan dikenal secara online," lanjutnya.

Selain digitalisasi, RK juga mempromosikan program Kredit Mesra. Program ini memberikan pinjaman bagi warga tanpa bunga dan tanpa agunan.

"Curhatannya sama, kalau usaha pasti butuh modal. Kita kan ada program kredit tanpa agunan itu," tandas RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: