Ridwan Kamil dan Suswono Luncurkan Layanan Konsultasi Hukum Gratis untuk Warga Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:10 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 Pilgub Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono (Rido), menyediakan layanan konsultasi hukum gratis yang dapat dinikmati seluruh warga Jakarta. Layanan ini disediakan oleh Relawan RK Law.

Ketua RK Law, Aji, mengatakan bahwa sudah ada 50 tim hukum yang bergabung dalam RK Law. Nantinya, layanan ini akan dihadirkan di beberapa titik di Jakarta.

"Kami targetkan sampai akhir bulan ini akan mencapai 100 tim," kata Aji di Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024).

Aji berujar bahwa konsultasi hukum gratis ini dihadirkan untuk menyerap aspirasi warga.

"Dari aspirasi yang muncul ini, kami berupaya menghadirkan solusi. Pada prinsipnya, ini untuk perbaikan Jakarta," ujar Aji.

Aji mencontohkan bahwa ada warga yang mengeluhkan tentang akses publik. Pihak RK Law akan mengkaji aturan mana yang masih belum relevan dalam menghadirkan akses publik.

"Keluhan tentang hukum yang bersifat pribadi juga bisa disampaikan, namun kami akan kaji apakah bisa ditindaklanjuti atau tidak," ucap Aji.

Menanggapi itu, Ridwan Kamil mengaku terharu atas inisiatif sejumlah advokat muda untuk menghadirkan layanan konsultasi hukum gratis.

"Saya ucapkan terima kasih karena RK Law siap menjadi corong dari pemerintah dalam arti positif, yaitu menerima keluhan-keluhan publik dan permasalahan-permasalahan sosial yang nanti dikonsultasikan," kata Ridwan Kamil.

"Inilah yang dimaksud dengan kota kita, tanggung jawab kita. Jika ini menjadi sebuah nilai, sebuah budaya, seharusnya dalam lima tahun Jakarta makin keren, makin baru, makin maju," tambahnya.

Dengan inisiatif ini, Ridwan Kamil telah menerima curhatan dari berbagai golongan. Salah satunya datang dari penerima beasiswa dari Pemprov Jakarta.

"Mereka berharap program beasiswa ini bisa dilanjutkan. Selain itu, mereka juga meminta dibantu dan diberikan akses untuk magang. Di dalam program Rido kan juga ada program magang untuk anak muda di BUMD dan perusahaan lainnya. Ini bisa jadi solusi," ujar RK.

Curhatan lainnya datang dari penyandang disabilitas yang berkaitan dengan perluasan lapangan kerja dan kemudahan untuk mendapatkan modal usaha.

"Kami sudah menyiapkan program bernama Kredit Mesra, yaitu pembiayaan kredit tanpa agunan dan tanpa bunga. Ini bisa jadi solusi bagi warga yang ingin membuka usaha," tambah RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: