SYL Disebut Pasang Badan jika Petinggi NasDem Minta Pejabat Kementan Dicopot

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 15 Mei 2024 | 21:33 WIB
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (BeritaNasional/Elvis)
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) disebut pasang badan untuk eselon I karena Partai NasDem ingin semua anak buahnya yang tidak menuruti perintah partai dicopot.

Hal itu terungkap dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto yang dibacakan Jaksa KPK Ikhsan Fernandi.

“SYL menyampaikan di hadapan kami jika petinggi NasDem minta eselon I dicopot jika tak mampu menyelesaikan permintaan partai,” ujar Jaksa membacakan BAP Prihasto, Rabu (15//5/2024).

Dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat, BAP Prihasto menyatakan SYL bakal pasang badan jika eselon I menurut.

“Namun Pak SYL menyampaikan kepada kami, yang bersangkutan pasang badan dengan mengatakan selama beliau memimpin tidak ada pejabat yang dicopot,” tuturnya.

BAP itu juga menyebut hal tersebut membuat para eselon I menuruti permintaan Partai NasDem, yakni pengadaan proyek sembako Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

“Maksud dari permintaan partai yaitu terkait pengadaan proyek, sembako, RIPH program partai yang dibuatkan,” tulis Prihasto.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: