Berburu Keindahan Bimasakti dengan Mata Telanjang

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 22 Juni 2024 | 09:00 WIB
Galaksi. (Foto/Freepik)
Galaksi. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Untuk melihat keindahan Bimasakti, diperlukan kondisi tertentu. Tips menikmati pemandangan Bimasakti secara optimal yang paling penting adalah memilih lokasi yang memenuhi beberapa kriteria penting.

Periset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan penanggung jawab Observatorium Nasional Gunung Timau Abdul Rachman mengatakan, dengan langit yang cerah dan gelap, bebas dari polusi cahaya, serta tanpa awan tebal yang menghalangi, orang dapat melihat keindahan Bimasakti secara jelas.

"Dengan memenuhi tips di atas maka akan dapat menyaksikan bentangan lengan-lengan spiral Bimasakti yang menakjubkan di langit malam," sebut Abdul dalam BRIN Insight Every Friday (BRIEF) pada Jumat (21/6). 

Abdul menyebut Bimasakti adalah galaksi di mana kita berada dalam alam semesta ini. 

Di dalamnya, terdapat berbagai objek angkasa seperti bintang, planet, awan, dan debu yang saling terikat oleh gravitasi. 

Posisi matahari berada 26 ribu tahun cahaya dari pusat Bimasakti. Jarak 1 bintang dengan bintang yang lain adalah beberapa juta tahun cahaya dan jarak M83 untuk sampai ke bumi sekitar 15 juta tahun cahaya.

"Bentuk visual Bimasakti berdasarkan analisis data pengamatan dari arah atas, Bimasakti memiliki struktur menyerupai piringan dengan pusat galaksi yang terang berbentuk seperti batangan. Struktur ini kemudian dikelilingi oleh dua lengan spiral yang menyerupai dua tangan. Lengan spiral pertama adalah Scutum Centaurus Arm, sedangkan yang kedua adalah Perseus Arm," pungkas Abdul.

Ia melanjutkan jika memperhatikan langit dengan seksama, kita akan menemukan ribuan galaksi dalam sebesar butir pasir yang kita taruh di ujung jari dan arahkan ke langit dan galaksi memiliki ratusan juta bintang. 

Dengan mata telanjang, Bimasakti terlihat seperti selendang kabut yang memanjang di langit. 

Namun, jika ingin mengabadikan dengan baik, diperlukan pemahaman akan teknik astrofotografi sehingga dapat memotret untuk melihat detail dan warnanya. 

"Berburu keindahan Bimasakti membutuhkan penggunaan teknik, lokasi, dan peralatan yang tepat. Dalam mengapresiasi keindahan Bimasakti melalui presentasi visual yang menampilkan gambar-gambar pilihan dari galaksi ini, yang menjadikan malam itu sebagai pengalaman memikat yang tidak terlupakan," tandas Abdul.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: