TNI AL Siapkan 10 KRI di Perairan Teluk Jakarta untuk Amankan Pelantikan Presiden dan Wapres 2024

Oleh: Bachtiarudin Alam
Kamis, 17 Oktober 2024 | 16:44 WIB
Potret kapal TNI AL yang bersiaga di Teluk Jakarta, Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. (BeritaNasional/doc. TNI AL)
Potret kapal TNI AL yang bersiaga di Teluk Jakarta, Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. (BeritaNasional/doc. TNI AL)

BeritaNasional.com -  TNI AL tengah menyiagakan lebih dari 10 KRI di perairan Teluk Jakarta. Penempatan alutsista ini bertujuan untuk mengamankan proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan, Minggu (20/10/2024).

“Pengerahan tersebut tentunya di luar unsur-unsur TNI AL yang terus beroperasi di wilayah laut yurisdiksi nasional Indonesia sepanjang tahun,” tulis keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut.

KRI yang mengamankan proses pelantikan ini berasal dari sejumlah satuan TNI AL, yang disiapkan sejak HUT TNI pada 5 Oktober lalu, hingga selesainya proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Selain itu, lebih dari 3.500 pasukan Marinir TNI AL dari Jakarta dan Surabaya juga dikerahkan untuk mengamankan proses pelantikan nanti.

Tidak ketinggalan, Pusat Penerbangan TNI AL juga menyiagakan unsur udara yang memiliki spesifikasi anti-kapal selam, seperti Heli Panther HS-1308, Heli Panther HS-1311, dan CN P-8305, dalam proses pengamanan pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Pengamanan ini merupakan amanah dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, yang menegaskan bahwa pihaknya akan berkonsentrasi penuh dalam mensukseskan transformasi kepemimpinan Kepala Negara.

“TNI AL bersama TNI lainnya serius dalam melaksanakan pengamanan. Itu misi utama,” kata Ali beberapa waktu lalu.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: