Belajar dari Korea, Ridwan Kamil Akan Wajibkan Mal Jakarta Promosikan Produk UMKM

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 28 Oktober 2024 | 14:01 WIB
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan calon wakil gubenur Jakarta Suswono (kanan). (BeritaNasional/Elvis).
Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan calon wakil gubenur Jakarta Suswono (kanan). (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) akan menerapkan konsep pusat perbelanjaan di Korea Selatan ke Jakarta seusai memenangkan Pilgub 2024.

Menurutnya konsep yang diterapkan  pusat perbelanjaan di sana sangat mengutamakan produk yang dibuat oleh masyarakat asli Korea Selatan untuk dijual dan ditawarkan. 

"Saya pernah ke Korea. Saya sampaikan, ada satu mal, lima lantai, isinya produk Korea semua, keren. Saya beli banyak buat istri saya, dia happy. Nah inspirasi ini salah satunya ya, bisa membuat produk lokal menjadi tuan rumah di negeri-negeri," kata RK kepada wartawan di Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

Konsep tersebut sambungnya akan diterapkan di mal-mal yang ada di Jakarta untuk mendorong berkembangnya UMKM.  

"Di tiap mal di Jakarta harus menawarkan produk UMKM sebanyak 30% dari total seluruh barang yang ada.Nah tugas gubernur mendorong, memastikan presentase 30% dipenuhi. Ini tinggal lobi-lobi antara gubernur dengan pengusaha mal. Tapi itu keberdayaan kita ke UMKM," paparnya.

Di sisi lain RK juga memahami  belum semua produk UMKM di Jakarta layak untuk dijual di mal. Oleh karena itu, dia bakal menggandeng komunitas untuk mengkurasi UMKM mana saja yang bisa tampil di mal.

"Saya sudah temukan penyakitnya ya. Tidak semua produk lokal itu presentable untuk kelas mal. Maka yang saya lakukan nanti, saya kunjungan ke USS ya, Urban Chemical Society" 

 sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: